MENAKAR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI

Belen Keban, Yosep MENAKAR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI. In: UNSPECIFIED UNSPECIFIED.

[thumbnail of garuda3360002.pdf] Text
garuda3360002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Pandemi covid-19 telah memberikan pengaruh yang begitu besar dalam aneka sektor kehidupan dan salah satu sektor yang merasakan dampak dari pandemi ini adalah dunia pendidikan. Kebijakan belajar dari rumah (learning from home) secara daring merupakan sebuah strategi pengendalian penularan covid-19. Kebijakan tersebut dinilai sangat baik dilakukan untuk memutus mata rantai penularan covid- 19 di tanah air yang semakin mengganas. Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) tersebut memaksa sekolah atau Perguruan Tinggi di tanah air untuk beralih ke dunia teknologi digital agar proses pembelajaran berjalan efektif. Penggunaan alat teknologi dalam situasi ini merupakan sebuah keniscayaan sebab dunia saat ini berada pada revolusi 4.0. Dengan demikian, maka metode daring merupakan alternatif paling tepat dalam proses belajar mengajar pada situasi pandemi ini. Penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi ini di tanah air tentu dijalankan belum secara maksimal sebab ditemukan aneka hambatan atau persoalan yang terjadi. Persoalan atau hambatan seperti masalah jaringan internet, kuota data, tidak adanya media pembelajaran, lemahnya pengawasan guru, guru tidak melek teknologi, lemahnya pengawasan orang tua dalam belajar anak dan lain sebagainya. Kondisi tersebut merupakan masalah riil yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran daring. Tulisan ini akan mengungkap bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19.
Kata Kunci: Efektivitas, Pandemi Covid-19, dan Pembelajaran Darin

Item Type: Book Section
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:16
Last Modified: 08 Nov 2024 01:16
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item
View Item