Sabontaka, Fransiskus Xaverius (2023) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 ILE BOLENG. S1 thesis, STP Reinha Larantuka.
BAB1.pdf
Download (348kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (322kB)
skripsi Ave.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul”Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ile Boleng”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (2) mengetahui pengaruh Kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (3) mengetahui Kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng. Jenis penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Ile Boleng. Populasi dalam penelitian ini adalah 41 peserta didik yakni kelas VII dan VII. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara dan kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linear berganda. Pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t memakai aplikasi SPSS versi 16. Hasil menujukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,044 ≥ ttabel 2,042. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,101 ≥ ttabel 2,042. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dan pedagogik secara simultan terhadap keaktifan belajar dengan hasil fhitung 7,795 ≥ ftabel 3,30, sehingga Ho ditolak dan Ha3 diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik |
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:49 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/12 |