Sabon Taka, Fransiskus Xaverius and Mudi Aran, Alfonsus and Minggu Kwen, Krisantus PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 ILE BOLENG.
244-Article Text-1329-1-10-20240527.pdf
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
Abstract
Keaktifan Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ile Boleng sejauh ini menjadi persoalan utama. Masalah tersebut dipengaruh oleh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (2) mengetahui pengaruh Kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng, (3) mengetahui kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik di SMPN 1 Ile Boleng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMPN 1 Ile Boleng. Populasidan sampel dalam penelitian ini adalah 41 peserta didik yakni kelas VII dan VII. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara.Analisis menggunakan metode deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linear berganda. Pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t memakai aplikasi SPSS versi 16. Hasil menujukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,044 ≥ ttabel 2,042. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap keaktifan belajar dengan hasil nilai thitung sebesar 2,101 ≥ ttabel 2,042. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional dan pedagogik secara simultan terhadap keaktifan
belajar dengan hasil
Kata Kunci:
Kompetensi Profesional; Kompetensi Pedagogik; Keaktifan Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:19 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:19 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/126 |