Ina Tukan, Maria Fransiska and Bhoki, Hermania and Belen Keban, Yosep KETERAMPILAN GURU PAK DALAM MENGELOLA KELAS DAN RELEVANSINYA UNTUK MENINGKATAN PRESTAS BELAJAR SISWA.
316-Article Text-1333-1-10-20240531.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemampuan guru Pendidikan Agama Katolik dalam mengatur kelas dan dampaknya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Katolik Gayak. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan agama katolik dan kecakapan hidup beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDK Gayak dengan melibatkan 9 subjek penelitian yang terdiri dari guru dan
siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Katolik SDK Gayak belum memiliki keterampilan yang memadai dalam mengelola kelas. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas agar dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa pada pendidikan Agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, dan pengetahuan Agama Katolik serta keterampilan hidup beragama.
Kata Kunci: Keterampilan Guru; Pendidikan Agama Katolik; Pengelolaan Kelas; Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/128 |