Kewasi Uran, Kristina Anamaria and Bhoki, Hermania and Belen Keban, Yosep PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENGENDALI DAN PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS MANAJEMEN MUTU TERPADU.
321-Article Text-1335-1-10-20240531.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Abstract
Sebagai penjamin dan pengendali mutu pendidikan, Kepala sekolah mempunyai kedudukan sangat strategis dalam mengembangkan semua sumber daya di sekolah, terutama memberdayakan guru untuk mensukseskan program lembaga
pendidikan secara berkualitas demi mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis peranan kepala sekolah sebagai pengendali dan penjamin mutu pendidikan berbasis manajemen mutu terpadu di SD Segugus Timur Kecamatan Larantuka. Penelitian dilakukan di 4 SD dalam Gugus Timur Kecamatan Larantuka Kabupaten Flores Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perana kepala sekolah sebagai pengendali dan penjamin mutu pendidikan berbasis manajemen mutu terpadu. Sumber data dalam penelitian terdiri dari empat orang kepala sekolah yakni
kepala SDK Lebao Tengah I, kepala SDK Lebao Tengah II, kepala SDI Weri, kepala SDI Supersemar. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan dekskriptif kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan kepala sekolah sebagai pengendali dan penjamin mutu pendidikan berbasis manajemen mutu terpadu di SD Segugus Timur kecamatan Larantuka sangatlah penting karena dengan menerapkan pendekatan MMT dan melibatkan seluruh komunitas sekolah, kepala sekolah dapat memainkan peranan kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan dan mencapai hasil belajar yang baik bagi siswa.
Kata Kunci:
Peranan Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan; Manajemen Mutu Pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 05:46 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 05:46 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/130 |