Leri Maran, Klemensia and Bhoki, Hermania and Yosep, Belen Keban PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP SE KABUPATEN FLORES TIMUR.
327-Article Text-1338-1-10-20240531.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
Abstract
Prestasi belajar siswa SMP di kabupaten Flores Timur pasti dipengaruhi oleh kemampuan guru dan minar belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan mengajar guru PAK dan minat belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Lokasi penelitian di sekolah menengah pertama di kabupaten Flores Timur. Penelitian ini melibatkan semua guru PAK di SMP di kabupaten Flores Timur, yang berjumlah orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif dan statistik inferensial, seperti regresi linear berganda. Aplikasi SPSS versi 16 digunakan untuk menguji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil menujukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai thitung sebesar 2,068 dan nilai sebesar 0,244. (2) ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai thitung sebesar 2,398 dan nilai ttabel sebesar 0,244. (3) ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik SMP se kabupaten Flores Timur dengan hasil nilai fhitung sebesar 42,130 dan nilai ttabel sebesar 3,143.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar; Minat Belajar; Prestasi Belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 06:06 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 06:06 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/133 |