GURU PENGGERAK Teori dan Implementasi pada Kurikulum Merdeka

Ulum, Khoirul and Hasanah Nasution, Rizki and Nurjamin, Asep and Belen Keban, Yosep and Ardin Suwandi, Mohamad and Bhoki, Hermania and Febriyanto Fernandez, Hendrikus and Mudi Aran, Alfonsus (2024) GURU PENGGERAK Teori dan Implementasi pada Kurikulum Merdeka. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, Kota Malang. ISBN 978-623-519-254-3

[thumbnail of [SECURED] Guru Penggerak.pdf] Text
[SECURED] Guru Penggerak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Dalam rangka mendongkrak mutu pendidikan Indonesia, pemerintah berupaya menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menggerakkan ekosistem pendidikan melalui Program Guru Penggerak. Kehadiran program ini diharapkan mampu melahirkan guru-guru yang berjiwa nasionalisme, profesional, dan berorientasi pada siswa serta terus mampu mengembangkan kompetensinya sesuai kodrat alam dan kodrat
zaman.
Guru penggerak dapat didefinisikan sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu menghasilkan profil pelajar Pancasila. Guru penggerak dituntut untuk mampu mengubah paradigma pembelajaran agar lebih berpusat pada siswa, mengubah pola pikir guru, dan menggerakkan guru untuk keluar dari zona nyaman. Tak heran, jika guru penggerak juga dijuluki sebagai agen perubahan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat luas.
Jika dilihat dari penjelasan di atas, guru penggerak mengemban tugas yang amat berat. Selain dituntut mengembangkan diri dan terus berino- vasi, guru penggerak juga diminta untuk menjadi maskot perubahan; baik dalam hal pengajaran maupun kepemimpinan. Dengan demikian, untuk menyukseskan pembentukan guru penggerak yang berkualitas; dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Begitupun demi menyukseskan pembelajaran yang lebih modern dan relevan dengan perkembangan zaman, peran orang tua, warga sekolah, dan masyarakat sangat dibutuhkan.
Dengan adanya guru penggerak, diharapkan generasi penerus bangsa mampu mencapai profil pelajar Pancasila yang memiliki enam dimensi: beriman dan bertakwa, bernalar kritis, kreatif, memiliki semangat gotong royong atau kerja sama, berjiwa mandiri, dan berkebinekaan global. Pada akhirnya, implementasi Program Guru Penggerak dan Kurikulum Merdeka yang tepat dan menyeluruh akan mendukung lahirnya generasi emas 2045.

Item Type: Book
Subjects: L Education > Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:52
Last Modified: 19 Nov 2024 02:52
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item
View Item