PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL Inovasi Teknologi dalam Sistem Pembelajaran Modern

Setiawati, Ika and Prihartini, Narti and Bhoki, Hermania and Wahidin, Darto and Mudi Aran, Alfonsus and Belen Keban, Yosep (eds.). (2024) PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL Inovasi Teknologi dalam Sistem Pembelajaran Modern. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, Kota Malang. ISBN 978-634-206-097-1

[thumbnail of SECURED_Pendidikan di Era Digital.pdf] Text
SECURED_Pendidikan di Era Digital.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan ialah menjadikan peserta didik tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga memiliki moral yang kuat. Untuk memenuhi tujuan ini, sistem pendidikan yang diberlakukan harus mampu mengikuti perkembangan dan siap menghadapi tantangan di era industri
4.0 yang semuanya berbasis digital. Dengan demikian, teknologi perlu diintegrasikan ke dalam aspek-aspek pendidikan.
Pendidikan di era digital pada dasarnya merupakan penggabungan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam semua bidang pendidikan guna meningkatkan aksesibilitas, personalisasi, dan kualitas pendidikan. Pendidikan semacam ini menuntut semua lembaga pendidikan, pendidik atau guru, peserta didik, dan orang tua agar memiliki kesiapan dalam memfasilitasi serta menggunakan teknologi berbasis komputer.
Pendidikan di era digital secara otomatis memunculkan adanya pembe- lajaran digital yang membuat peserta didik dapat belajar kapan saja dan di mana saja tanpa terhalang waktu dan juga tempat. Kebebasan ini tentu memudahkan peserta didik untuk menggali informasi dan menemukan keterampilan-keterampilan baru yang mendukung kehidupannya di masa depan.
Namun, di balik keunggulan pembelajaran digital terdapat tantangan signifikan bagi guru. Diketahui bahwa banyak guru yang belum cukup terampil untuk menggunakan alat digital dalam memberikan pengajaran sehingga model tradisional masih tetap diterapkan. Di samping itu, pembe- lajaran digital belum sepenuhnya diimplementasikan di seluruh sekolah di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh kesenjangan sarana dan prasarana yang tidak memadai, tidak terjangkaunya akses internet di wilayah 3T, dan kurangnya pelatihan bagi para guru.
Bertolak dari tujuan, fungsi, manfaat, dan hambatan pendidikan di era digital, buku ini hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan wawasan terkait pembelajaran digital, pendidikan terbuka, peluang pendi- dikan di era digital, dan hal-hal lain yang masih bersinggungan. Buku ini sangat tepat bagi masyarakat umum dan juga guru, mahasiswa pendidikan, dan para akademisi yang tengah mempelajari pendidikan di era digital.

Item Type: Book
Subjects: L Education > Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:15
Last Modified: 19 Nov 2024 03:15
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item