KETERAMPILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM MENGELOLAH KELAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDK GAYAK

Tukan, Maria Fransiska (2023) KETERAMPILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM MENGELOLAH KELAS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDK GAYAK. S1 thesis, STP Reinha Larantuka.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Maria Fransiska Ina Tukan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada keterampilan guru Pendidikan Agama Katolik dalam mengelola kelas dan relevansinya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Katolik Gayak. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan guru dalam mengelola kelas berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam pendidikan agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan agama Katolik dan keterampilan hidup beragama. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDK Gayak, dengan melibatkan 9 orang subjek penelitian yang terdiri dari guru dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Katolik di SDK Gayak belum memiliki keterampilan yang memadai dalam mengelola kelas, sehingga perlu dilakukan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas guna mempengaruhi peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam Pendidikan Agama Katolik pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan agama Katolik dan keterampilan hidup beragama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:03
Last Modified: 31 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item
View Item