ME RETAS JALAN PENDIDIKAN KATOLIKBERKUALITAS DI TENGAH KRISIS MULTIDIMENSI

Bhoki, Hermania ME RETAS JALAN PENDIDIKAN KATOLIKBERKUALITAS DI TENGAH KRISIS MULTIDIMENSI. STIPAS TAHASAK DANUM PAMBELUM KEUSKUPAN PALANGKARAYA, 2. ISSN 978-623-10-0107-8

[thumbnail of MELEJITKAN POTENSI PESERTA DIDIK KATOLIK SECARA HOLISTIK DI ERA DISRUPSI.pdf] Text
MELEJITKAN POTENSI PESERTA DIDIK KATOLIK SECARA HOLISTIK DI ERA DISRUPSI.pdf

Download (663kB)

Abstract

Artikel ini menyoroti upaya komprehensif yang diperlukan untuk meretas jalan pendidikan Katolik berkualitas di tengah krisis multidimensi. Latar belakangnya adalah pendidikan Katolik menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan kualitas, relevansi, dan identitasnya di tengah krisis multidimensi yang melanda dunia. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan upaya-upaya yang diperlukan dalam membangun
ketahanan pendidikan Katolik, melakukan inovasi kurikulum, memperkuat peran lembaga pendidikan Katolik, dan mengembangkan pendekatan holistik dalam menghadapi tantangan global. Hasil yang diharapkan adalah adanya penguatan identitas dan nilai-nilai inti Katolik, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, pemanfaatan teknologi digital, pengembangan kurikulum transformatif, peningkatan profesionalisme guru, keterlibatan orangtua dan komunitas, serta integrasi aspek kognitif, afektif, spiritual, emosional, dan sosial dalam pembelajaran. Kesimpulannya adalah upaya yang komprehensif dan terintegrasi dalam pendidikan Katolik dapat menguatkan pendidikan Katolik tersebut untuk tetap relevan, efektif, dan mampu membentuk
generasi muda yang unggul secara intelektual, moral, dan spiritual dalam menghadapi krisis multidimensi di era modern.

Item Type: Article
Subjects: L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik
L Education > Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 19 May 2024 12:45
Last Modified: 19 May 2024 12:45
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item
View Item