Hamu, Fransiskus Janu MEMBANGUN PENDIDIKAN KATOLIK BERKUALITAS, SETARA DAN BERKEADILAN DI INDONESIA. STIPAS TAHASAK DANUM PAMBELUM KEUSKUPAN PALANGKARAYA.
MEMBANGUN PENDIDIKAN KATOLIK BERKUALITAS, SETARA DAN BERKEADILAN DI INDONESIA.pdf
Download (483kB)
Abstract
Pendidikan Katolik di Indonesia memegang posisi yang signifikan dalam mendorong kemajuan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan etis. Namun demikian, ada tantangan dalam pembentukan pendidikan yang berkualitas tinggi, setara dengan institusi pendidikan lainnya, dan dapat diakses secara adil oleh semua lapisan masyarakat. Tulisan ini meneliti upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pendidikan Katolik yang bermutu di Indonesia, mencakup langkah-langkah seperti menciptakan suasana akademik yang nyaman, meningkatkan fasilitas dan infrastruktur pendidikan, merumuskan kurikulum yang relevan dengan persyaratan kontemporer, menerapkan pendekatan pedagogis yang
inovatif, dan memastikan administrasi pendidikan yang efisien. Paritas pendidikan Katolik memerlukan jaminan melalui kepatuhan terhadap tolok ukur yang setara dengan pendidikan arus utama, pengakuan akreditasi seragam, dan pencegahan bias terhadap siswa dari berbagai
latar belakang. Kesetaraan dicapai melalui memberikan peluang yang sama untuk semua segmen masyarakat, termasuk yang kurang beruntung secara ekonomi, dengan menawarkan beasiswa dan biaya kuliah yang terjangkau. Kerjasama antara pemerintah, gereja, dan masyarakat memainkan peran penting dalam memperkuat evolusi pendidikan Katolik yang unggul, adil, dan tidak memihak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik L Education > Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik |
Divisions: | Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik |
Depositing User: | Agus Tukan |
Date Deposited: | 19 May 2024 14:11 |
Last Modified: | 19 May 2024 14:11 |
URI: | http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/51 |