ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL REINHA LARANTUKA

Beto Letek, Letitia Susana and Mudi Aran, Alfonsus and Lelu Beding, Skolastika ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL REINHA LARANTUKA. In: ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL REINHA LARANTUKA. STIPAS Publisher. ISBN 2746-8623

[thumbnail of ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL REINHA LARANTUKA.pdf] Text
ANALISIS KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PASTORAL REINHA LARANTUKA.pdf

Download (880kB)

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan lembaga penyedia jasa pendidikan yang senantiasa dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik agar menghasilkan mahasiswa berprestasi serta mampu menghadapi persaingan antar perguruan tinggi. Dalam kaitannya, Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka juga harus mampu memberikan mutu pendidikan berkualitas dengan meningkatkan layanan pendidikannya. Kualitas pelayanan adalah evaluasi dari hasil membandingkan antara pelayanan diterima dengan pelayanan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif adalah untuk menilai kualitas pelayanan Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka ditinjau dari kepuasan mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 responden, didasarkan pada teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan analisis data menggunakan metode Servqual untuk menganalisis sumber masalah serta cara memperbaiki kualitas layanan dan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengidentifikasi faktor-faktor kinerja yang dianggap penting sehingga dapat dijadikan sebagai saran perbaikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa belum puas terhadap pelayanan pendidikan terlihat dari rata-rata nilai gap sebesar -18,1 dengan dua nilai gap negatif terbesar -1,6 pada pelayanan fasilitas wifi dan -1,52 pada pelayanan kegiatan kampus. Sedangkan analisis IPA menunjukkan 8 layanan yang tergolong dalam prioritas utama yaitu organisasi senat mahasiswa, keuangan, kegiatan kampus dan evaluasi, aspirasi dan permasalahan mahasiswa, fasilitas pengembangan bakat minat, website kampus serta fasilitas wifi.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > Pendidikan Keagamaan Katolik
Divisions: Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Depositing User: Agus Tukan
Date Deposited: 04 Jun 2024 04:51
Last Modified: 04 Jun 2024 04:51
URI: http://repository.stpreinha.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item